Visi dan Misi Pemerintah Kota Langsa

Visi dan Misi Pemerintah Kota Langsa

Visi

“Langsa Kota Jasa yang Berperadaban dan Islami”
Visi ini mengandung tiga kalimat kunci sebagai berikut:

1.Langsa Kota Jasa

Bermakna sebagai sebuah kota yang bergerak dan memiliki keunggulan di sektor jasa, dan perdagangan, berbagai industri atau pabrik berskala menengah dan kecil, termasuk sentra-sentra UKM dapat berkembang dengan baik dengan tetap memperhatikan kualitas ruang terbuka hijau (RTH) sebagai pusat interaksi warga.

2.Langsa Kota Berperadaban

Bermakna sebagai sebuah kota yang memiliki jati diri, harga diri, berbudaya, dan mandiri dalam upaya mencapai kemakmuran masyarakat Kota Langsa, berlandaskan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa, ekonomi lokal yang tangguh, serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

3.Langsa Kota Islami

Memiliki arti sebagai kota yang masyarakatnya beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak karimah dengan melaksanakan kewajiban sesuai Syariat Islam serta senantiasa memelihara hubungan yang harmonis antarummat beragama.

Misi

Visi di atas akan dicapai melalui 10 (sepuluh) misi sebagai berikut:

Misi 1 :            Meningkatkan pelaksanaan syariat Islam secara kaffah dengan lebih mendorong inisiatif dan partisipasi warga.

Melalui misi 1 diharapkan akan Terciptanya masyarakat Kota Langsa yang islami, Memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pelaksanaan dan memberikan dukungan penuh terhadap syariat Islam.

Misi 2 :            Melanjutkan penataan birokrasi pemerintahan, sinkronisasi dan harmonisasi kerjasama pembangunan yang  lebih responsif, efektif dan efisien, transparan serta akuntabel yang berbasiskan smart city dalam rangka mendukung pelaksanaan e-government.

Melalui misi 2 akan Terlaksananya pemerintahan yang bersih, amanah dan berwibawa di semua perangkat daerah serta Terjalinnya kerjasama yang kuat antar lembaga dan antar wilayah dalam rangka peningkatan pelayanan publik, serta Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintahan daerah.

Misi 3 :            Melanjutkan penataan kota untuk menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, sehat, indah dan nyaman.

Melalui misi 3 akan Tertatanya kota sesuai dengan rencana peruntukan lahan, Meningkatnya kualitas ruang terbuka hijau dan terkendalinya pencemaran serta Meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

Misi 4 :            Meningkatkan kualitas pendidikan di semua tingkatan.

Melalui misi 4 akan Terciptanya pemerataan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan Meningkatnya angka kelulusan yang memiliki SDM yang berdaya saing tinggi, Meningkatnya angka rata-rata lama sekolah, serta Meningkatnya sarana dan prasarana pendidikan di semua tingkatan.

Misi 5 :            Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Melalui misi 5 akan Terwujudnya pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan minimal, Meningkatnya angka harapan hidup, Kemudahan akses layanan kesehatan serta Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana kesehatan baik dasar maupun rujukan.

Misi 6 :            Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Melalui misi 6 akan Terwujudnya kota layak anak, Meningkatnya indeks pembangunan gender, Terlindunginya perempuan dan anak dari tindak kekerasan, Meningkatnya peran perempuan dalam bidang politik dan jabatan publik serta Meningkatnya pembinaan organisasi perempuan.

Misi 7 :            Melanjutkan pembangunan infrastruktur guna mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan wilayah.

Melalui misi 7 akan tersedianya infrastruktur daerah antara lain Terbangunnya jaringan jalan yang menghubungkan antar wilayah, Terbangunnya jaringan air bersih, jaringan irigasi, Meningkatnya sarana dan prasarana fasilitas perhubungan, Menurunnya titik rawan banjir, Tersedianya saluran drainase yang berfungsi dengan baik, serta Tersedianya infrastruktur lingkungan pemukiman penduduk yang berkualitas.

Misi 8 :            Meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

Melalui misi 8 akan diharapkan Menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran, Meningkatnya pendapatan per kapita penduduk, Meningkatnya produktivitas perekonomian melalui pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tersedia, Meningkatnya jumlah kunjungan wisata, Terjaminnya kesejahteraan penduduk penyandang masalah sosial, serta Meningkatnya keikutsertaan masyarakat dalam proses pembangunan.

Misi 9 :            Mengembangkan olah raga, kesenian, dan kepemudaan.

Melalui misi 9 akan Meningkatnya jumlah pemuda-pemudi yang berprestasi, Meningkatnya kegiatan pembinaan dan pemberdayaan pemuda, Meningkatnya jumlah atlit berprestasi dari berbagai cabang olah raga, serta Terpeliharanya adat dan seni budaya daerah.

Misi 10 :         Memelihara serta meningkatkan keamanan, ketertiban umum dan stabilitas politik.

Melalui misi 10  akan Terpeliharanya stabilitas politik dan keamanan daerah, Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan, serta Menurunnya jumlah pelanggaran keamanan, kenyaman, dan ketertiban lingkungan.

Lewat ke baris perkakas